Sabtu, 30 Juni 2018 saya berkesempatan mengunjungi Museum Alkitab Yerushalayim. Hmm…Baru pernah denger kan? Ya, memang museum yang terletak di kawasan Kelapa Gading ini merupakan Museum yang menyajikan bentuk visual(replika) dari benda-benda yang terdapat di dalam Alkitab. Museum ini bertujuan mengedukasi umat Kristiani supaya tidak asing lagi dengan nama-nama benda yang disebutkan dalam Kitab Suci, semisal Lubang Jarum, Kantung kulit, Tabut perjanjian, kuk, dan masih banyak lagi.      

     Walaupun hanya terdiri atas satu lantai, museum Alkitab menyediakan informasi baru yang sangat banyak dan bermanfaat bagi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Para Guide di sini siap menyampaikan penjelasan yang tampaknya lebih mudah dimengerti dengan adanya visualisasi objek tersebut. Jangan kaget kalau kalian tidak melihat nama ‘Museum Alkitab’ di depannya. Museum yang beralamat di Jl. Raya Rawa Sengon No. 35 RT 01/14, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara ini tertutup oleh sebuah pagar besar, tapi jangan takut karena museum ini terbuka bagi semua orang. Setelah pagar terbuka, kalian akan disambut dengan tumbuhan-tumbuhan di zaman Yesus dulu, seperti Pohon Ara, Pohon zaitun, Pohon sesawi, dsb. Kalian bisa melihatnya tapi jangan dirusak ya, hehehhe….

     Museumnya terletak di sebelah kiri jalan masuk, tepatnya di lantai dua. Gak kayak museum kebanyakan yang masuknya harus bayar ke loket dulu, Museum Alkitab tidak memungut tarif masuk resmi, tapi memang disediakan kotak sumbangan bagi yang berkenan menyumbang. Waktu itu, rombongan besar anak-anak sedang berkeliling museum Alkitab juga, jadi gak leluasa berjalan. Tak lama rombongan itu pulang dan museum kembali lengang. Barulah, kami diajak berkeliling oleh guide disana. Daripada kelamaan, mending langsung kita simak aja yuk penjelasannya…

1. Uang Janda Miskin

Pernah dengar kisah seorang janda yang memberikan persembahan sebanyak 2 peser? Peser adalah satuan mata uang Yahudi terkecil. Gini nih bentuk uang peser yang sesungguhnya. museum alkitab   Terus, apa bedanya peser, duit, dan dinar? Berikut perbenadingannya:

1 peser=1/2 duit 1 dinar=128 peser=64 duit      

2. Bahtera Nuh museum alkitab

       Nah, ini model replika dari bahtera Nuh. Kalau lihat yang aslinya, terlihat lebih panjang dari kapal-kapal sekarang. Sebenarnya seberapa luas sih bahtera Nuh?      

     Bahtera Nuh lebih tinggi dari gedung 3 tingkat luas geladak= 36 kali lapangan bola tenis panjang: 300 hasta=450 kaki=135 Meter lebar: 50 hasta=75 kaki=22.5 meter tinggi: 30 hasta=45 kaki= 13,5 meter.  

3. Kantung kulit

     Udah pernah lihat kantung kulit yang sesungguhnya? Hmm…pasti belum kan. Kantung kulit ini terbuat dari kulit kambing utuh. Keempat sudutnya diikat dengan tali untuk memudahkan membawanya dan kulit lehernya dijadikan sebagai ‘tutup’nya. museum alkitab Kantung kulit digunakan pada zamannya untuk menyimpan anggur. Dari situlah Yesus mengambil perumpamaan tentang anggur dan kantung kulit.

     Yesus mengatakan bahwa kantung kulit yang tua tidak boleh diisikan dengan anggur yang baru karena anggur yang baru akan mengeluarkan gas seiring berjalannya. Kantung kulit tua bersifat keras sehingga gas itu dapat menekan ke segala arah sehingga kantung kulit tua dapat bocor. Sebaliknya, kantung kulit baru bersifat elastis terhadap perubahan di dalamnya. Jadi, tidak masalah diisikan anggur baru…    

 4. Tabut Perjanjian

museum alkitab     Ini dia yang namanya Tabut Perjanjian. Musa membuat tabut perjanjian yang digunakan untuk menyimpan dua loh batu yang berisi 10 perintah Allah. Diatasnya terlihat dua kerubhim yang mengatupkan sayapnya yang menjadi penjaga Tabut Perjanjian tersebut. 

     Tabut Perjanjian adalah benda suci bagi umat Israel. Setelah mengalami berbagai pemindahan, Tabut Perjanjian itu kemudian hilang pada waktu Bait Allah di yerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 586 SM. Bentuknya keren ya..    

5. Lubang Jarum

     Hah? Unta masuk lubang jarum? Emang bisa tuh?  Lubang jarum yang dimaksud yaitu gerbang Yerusalem. Setelah gerbang utama ditutup pada malam hari, lubang jarum ini dibuka. Dahulu unta menjadi alat transportasi yang sangat lazim digunakan.

      Unta harus membungkuk dan semua bebannya harus dilepaskan terlebih dahulu untuk dapat melewatinya. yesus ingin menjelaskan bahwa seorang yang kaya untuk dapat masuk kerajaan Surga, ia terlebih dahulu harus membagi-bagikan segala hartanya kepada yang miskin. Gitu teman-teman…  

6. Sangkakala museum alkitabmuseum alkitabmuseum alkitabmuseum alkitab

      Jika dilihat dari bentuknya, kayak kerang yang dapat mengeluarkan suara seperti di serial Spongebob ya, bener gak?

       Ini adalah sangkakala. Benda ini terbuat dari tanduk kerbau. Sangkakala dapat mengeluarkan suara yang sangat keras.  Dalam perjanjian Lama, suaranya menjadi tanda akhir zaman. Hmm…serem juga ya….  
 

7. Perjamuan malam terakhir

    Kira-kira dari foto itu, Yesus ada di mana ya? Ada yang tahu?

    Yesus berada di bagian sebelah kiri tengah. Terlihat di gambar bahwa semua murid menghadap ke arah Sebelah kiri. Kok bisa gitu?

      Pada perjamuan makan seturut kebiasaan dan budaya orang Yahudi zaman dulu, tuan rumah selalu berada di tengah menghadap ke seluruh tamu yang hadir. Seluruh tamu melingkar di sekitar tempat perjamuan. Hal ini berbeda dengan yang dilukiskan oleh Leonardo da Vinci yang melukiskan Yesus di tengah-tengah dan para murid di kanan-kirinya. 

8. Alat pemeras anggur

Anggur pada zaman perjanjian lama dulu menjadi minuman yang wajib disediakan saat pesta. Bagaimana anggur itu diperas?

    Ini dia alat yang diapakai… Anggur disebar dan kemudian diinjak-injak sampai keluar sarinya. Sarinya ditampung pada sebuah wadah segi empat yang terhubung dengan tempat pemerasan anggur. Metode manual ini ternyata dapat menghasilkan anggur yang berkualitas dan tentuntya menjadi komoditas yang mahal pada zamannya.

9. Mahkota duri

    Mahkota duri yang disematkan diatas kepala Yesus terbuat dari pohon duri yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah. Bagian yang diambil adalah rantingnya yang berduri. Ranting yang sudah kering tampak kecoklat-coklatan.

     Itulah 9 benda yang dirasa penting untuk teman-teman ketahui  dan penting untuk penghayatan iman kita bersama. Masih ada banyak benda lain yang belum dibahas dan bisa langsung melihatnya di Museum Alkitab Yerushalayim, Jakarta. Semoga dengan semakin tahu tentang benda-benda di Alkitab, kita dapat bertumbuh dalam iman, harapan dan kasih. (CEL)

 

 

         

Sebarkan Kebaikan:
Kategori: Lain-lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *